BPBD DIY Lakukan Koordinasi Sistem Komando Penanganan Darurat Bencana



Yogyakarta – Peristiwa kebencanaan yang terjadi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta beberapa akhir hari ini semakin intensif dan semakin kompleks sehingga dalam penanganannyapun diperlukan sistem yang cepat, tepat dan terpadu. Untuk itu, hari Selasa (10/01/2017) BPBD DIY melakukan Rapat Sistem Komando Penanganan Darurat Bencana sesuai dengan Perka BNPB No.3 Tahun 2016 (lampiran). Rapat ini dihadiri oleh jajaran BPBD DIY dan BPBD Kabupaten/Kota. Acuan prinsip dalam Perka BNPB No.3 Tahun 2016 ini adalah BPBD Provinsi mendorong atau mendukung peran aktif BPBD Kabupaten maupun BPBD Kota. Topik yang dibahas pada rapat kali ini diantaranya tentang manajemen krisis dan assessment (kaji cepat) yang bertempat di Pusdalops BPBD DIY.

Bp Drs. Krido Suprayitno, SE. Msi. selaku Kepala Pelaksana BPBD DIY mengharapkan adanya percepatan dana APBD regular di wilayah kota dan kabupaten maupun Daerah Istimewa Yogyakarta, sehingga dapat digunakan secepatnya untuk wilayah kota maupun kabupaten. Selain itu beliau mengatakan bahwa perlu adanya data dasar untuk dapat menentukan status siaga ke darurat, seperti data dari BMKG, dsb sehingga dapat mempermudah untuk pengucuran dana APBD DIY ke wilayah kota dan kabupaten.

Untuk itu, BPBD perlu memanajemen pos siaga seperti perencanaan logistik maupun kekuatan SDM dan juga membuat Peraturan Bupati (PERBUB) yang mengatur tentang dana kedaruratan. Selain itu, saat pembentukan DESTANA (Desa Tangguh Bencana) maupun KATANA (Kampung Tangguh Bencana) perlu mengaktifkan keanggotaan FPRB yang memiliki kompetensi dan dijadikan lembaga Desa dan juga manajemen penanggulangan bencana di Peraturan Desa (PERDES). Selain itu perlunya pelatihan ICS (Incident Commander System) di tingkat kecamatan dan desa diampu oleh kabupaten sedangkan di tingkat kabupaten diampu oleh Provinsi. Untuk bahasan Assessment (Kaji Cepat), posko dapat dibuat di lapangan pada jenis kejadian yang penanganan operasi lebih dari sehari dan komando posko lapangan adalah TRC. 


FAST RESPONSE



    Pusdalops BPBD DIY

    Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo,

    YOGYAKARTA, 55166

    Phone: (0274) 555584, 555585

    Fax: (0274) 555326

    Frek : 170.300Mhz duplex -500 tone: 88,5

    whatsapp : (0274) 555584

    email: pusdalopsdiy@gmail.com


ADMINISTRASI PERKANTORAN


    BPBD DIY

    Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo YOGYAKARTA, 55166

    Telp. (0274)555836

    Fax. (0274)554206

    email: BPBD@jogjaprov.go.id

PELATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA


GEMPA TERKINI



STATUS GUNUNG MERAPI


PRAKIRAAN CUACA


Kota Yogyakarta
Kabupaten Sleman
Kabupaten Gunungkidul
Kabupaten Bantul
Kabupaten Kulonprogo


IKUTI KAMI