REKAPITULASI KEJADIAN BULAN JULI 2017



Seprti biasa setiap bulannya Pusdalops BPBD DIY selalu menginformasikan data rekapitulasi kejadian di wilayah DIY. Berdasarkan hasil dari data rekapitulasi kejadian  di Pusdalops BPBD D.I Yogyakarta, sepanjang bulan Juli 2017 terecatat 9 kejadian meliputi : kebakaran, tanah longsor, penemuan mayat, laka sungai, laka laut, laka darat, penyelamatan hewan, pohon tumbang dan angin kencang dengan kejadian tertinggi yaitu kebakaran yang masih sama dengan bulan lalu, akan tetapi prosentase kali ini lebih kecil dari pada bulan lalu yaitu sebesar 49% dari yang sebelumnya sebesar 53%. Kemudian kejadian terendah adalah tanah longsor, angin kencang dan laka sungai sebanyak 2%.

 

Dampak secara  langsung yang ditimbulkan antara lain seperti pohon tumbang, rumah rusak, gedung rusak, kendaraan rusak, tempat usaha rusak, kandang rusak, korban luka, korban meninggal dan lain-lain dengan dampak kejadian tertinggi yaitu korban meninggal.

Berdasarkan sebaran peta kejadian DIY bulan Juni, yang termasuk dalam kejadian tertinggi yaitu Kec. Kokap dan Kec. Imogiri dengan >8 kejadian, untuk Kec. Depok dan Playen termasuk dalam kejadian sedang dengan 5-8 Kejadian. Sedangkan Kec. Lainnya masih bisa dikatakan aman.

Mengingat tingginya kejadian kebakaranyang terjadi selama dua bulan berturut-turut, berikut kami lampirkan tips aksi tanggap dalam mengatasi kebakaran.

Bila Anda sedang terjebak dalam kebakaran di Gedung Perkantoran

  1. Berusahalah untuk tetap tenang. Hal ini wajib dilakukan dalam situasi apapun, dan dimanapun agar        tindakan yang kita lakukan terarah dan tepat.
  2. Bunyikan tanda kebakaran yang tersedia segera. Peringati masyarakat lain yang berada di dalam kantor tersebut.
  3. Ikuti prosedur evakuasi yang terlah diterapkan bila ada.
  4. Menuju ke tangga darurat, disarankan untuk tidak memakai lift.     Penggunaan lift disaat keadaan darurat dapat menimbulkan gangguan saraf dan perhentian lift secara mendadak.
  5. Bila terjebak asap berusahalah agar asap tidak masuk ke dalam organ pernafasan Anda. Bila asap sangat tebal, usahakan supaya posisi Anda serendah mungkin. Kain atau Tisu basah dapat digunakan untuk melindungi hidung Anda.

Bila Anda sedang terjebak dalam kebakaran di dalam Rumah Tinggal:

  1. Berusahalah untuk tetap tenang.
  2. Evakuasi anggota keluarga dengan tanggap tapi tenang melalui bagian rumah yang aman.
  3. Hubungi kantor Donas Pemadam Kebakaran setempat.
  4. Bila Anda merasa yakin, gunakan pemadam api bila ada, atau gunakan air dari sumber terdekat, dengan tetap menjaga keselamatan diri dan sekitar.

( Penulis : Niken/Doc : Pusdalops DIY/ Spv :  Arman N )

 


FAST RESPONSE



    Pusdalops BPBD DIY

    Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo,

    YOGYAKARTA, 55166

    Phone: (0274) 555584, 555585

    Fax: (0274) 555326

    Frek : 170.300Mhz duplex -500 tone: 88,5

    whatsapp : (0274) 555584

    email: pusdalopsdiy@gmail.com


ADMINISTRASI PERKANTORAN


    BPBD DIY

    Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo YOGYAKARTA, 55166

    Telp. (0274)555836

    Fax. (0274)554206

    email: BPBD@jogjaprov.go.id

JADWAL KEGIATAN


PELATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA


GEMPA TERKINI



STATUS GUNUNG MERAPI


PRAKIRAAN CUACA


Kota Yogyakarta
Kabupaten Sleman
Kabupaten Gunungkidul
Kabupaten Bantul
Kabupaten Kulonprogo


IKUTI KAMI