Keikutsertaan BPBD DIY dalam Konferensi Nasional Pendidikan Bencana



Konsorsium Pendidikan Bencana menyelenggarakan Konferensi Nasional Pendidikan Bencana yang berlangsung selama 3 hari yaitu dari Selasa – Kamis, ( 22 – 24/8/2017) di Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM). Pada kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Bp. Ganjar Pranowo yang sekaligus membuka kegiatan tersebut. Rangkaian kegiatan tersebut meliputi, Seminar Pendidikan bencana, cerdas tanggap untuk siswa sekolah, diskusi pendidikan bencana dilaksanakan, dan panggung seni budaya serta pameran kebencanaan di kampus halaman kampus UMMagelang, Jawa Tengah. Dalam kegiatan ini Pania KONAS PB mengundang BPBD DIY untuk berpartisipasi dengan mengikuti pameran peralatan pendidikan bencana. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh BPBD DIY untuk dapat memperkenalkan peralatan penanggulangan bencana yang dimiliki oleh BPBD DIY kepada masyarakat.

            BPBD DIY menerjunkan satu armada Mobil Komunikasi ( KOMOB )  dengan 4 personil tim komunikasi untuk mengikuti pameran tersebut. KOMOB merupakan salah satu mobil layanan milik BPBD DIY yang menyediakan layanan komunikasi saat terjadinya situasi kedaruratan. KOMOB membantu komunikasi para petugas di lapangan saat situasi kedaruratan terjadi. Layanan yang disediakan diantaranya jaringan internet via satelit, repeater radio, dan perangkat pendukung komunikasi lainnya. Selain itu KOMOB juga menyediakan genset yang mungkin dibutuhkan saat situasi kedaruratan. Dalam pameran kali ini Tim Komunikasi BPBD DIY menyuguhkan display serta pemutaran  film animasi edukasi mengenai penanggulangan bencana untuk anak-anak, dokumentasi dan televideo confrence dengan BNPB.

Dengan hadirnya KOMOB ini, diharapkan masyarakat dapat mengetahui layanan yang disediakan BPBD DIY terkait penanggulangan bencana. Dengan mengikuti kegiatan ini BPBD DIY juga ikut berperan aktif dalam pendidikan bencana bagi masyarakat. Sehingga masyarakat dapat semakin paham tentang penanggulangan bencana dan menjadi semakin tangguh untuk tanggap bencana.

Hari terakhir kegiatan tersebut secara resmi ditutup oleh Menteri Pendidikan Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P

(Candra/Pusdalops DIY/Indrayanto )


FAST RESPONSE



    Pusdalops BPBD DIY

    Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo,

    YOGYAKARTA, 55166

    Phone: (0274) 555584, 555585

    Fax: (0274) 555326

    Frek : 170.300Mhz duplex -500 tone: 88,5

    whatsapp : (0274) 555584

    email: pusdalopsdiy@gmail.com


ADMINISTRASI PERKANTORAN


    BPBD DIY

    Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo YOGYAKARTA, 55166

    Telp. (0274)555836

    Fax. (0274)554206

    email: BPBD@jogjaprov.go.id

JADWAL KEGIATAN


PELATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA


GEMPA TERKINI



STATUS GUNUNG MERAPI


PRAKIRAAN CUACA


Kota Yogyakarta
Kabupaten Sleman
Kabupaten Gunungkidul
Kabupaten Bantul
Kabupaten Kulonprogo


IKUTI KAMI