Peresmian Destana Gunungkidul



Selasa, 29 Agustus 2017 Gladi Lapang Tsunami mewarnai peresmian Destana (Desa Tangguh Bencana) di Pantai Slili, pedukuhan Pule, Gundes, Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul. Kegiatan ini merupakan Destana kedua di wilayah Gunungkidul, yang diadakan oleh BPBD DIY dan BPBD Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Pelaksana BPBD DIY, Ketua PMI DIY, Asisten Sekretaris Daerah DIY, Bupati Gunung Kidul diwakili Asek Kesra Pemerintahan, Kepala pelaksana BPBD Gunungkidul, BPBD Bantul, PMI, Dinas Sosial, Asek 3 DIY, TNI, Polri , Sarlinmas, Polisi Pamong Praja, serta warga dan relawan.

            Pengembangan Desa Tangguh Bencana ini bertujuan melindungi masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bencana. Selain itu juga meningkatkan peran serta masyarakat khususnya kelompok rentan dalam pengelolaan sumber daya, dalam rangka mengurangi risiko bencana. Peningkatkan kapasitas kelembagaan masyarakat dalam pengelolaan sumber daya serta pemeliharaan kearifan lokal. Tujuan lainnya yaitu meningkatkan kapasitas pemerintah dalam memberikan dukungan sumber daya dan teknis. Peningkatkan kerjasama antar para pemangku kepentingan dalam pengurangan resiko bencana. Pihak-pihak yang terlibat antara lain pemerintah daerah, sektor swasta, perguruan tinggi, LSM, organisasi masyarakat dan kelompok-kelompok lainnya yang peduli terhadap pengurangan resiko bencana. Pembentukan Destana merupakan perwujudan Program Pencegahan Dini Bencana.

Kegiatan gladi lapang ini merupakan Gladi Lapang Gabungan dari desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus dengan Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul. Pada  kegiatan ini juga dilakukan penyerahan bantuan berupa peralatan pertolongan dan rambu evakuasi. Pada peresmian  Destana ini dilakukan pula dilakukan penandatanganan prasasti.

Kegiatan ini didukung BPBD DIY dengan menerjunkan Tim Reaksi Cepat BPBD DIY dan tim Pusdalops BPBD DIY. Tim Reaksi Cepat BPBD DIY, dalam hal ini, mendukung kegiatan lapangan, seperti pelayanan ambulan, pertolongan dan penyelamatan. Sedangkan tim Pusdalops PB DIY melakukan dukungan yang bersifat layanan komunikasi dan informasi. Sehingga dalam pelaksanaan ini mobil layanan komunikasi (KOMOB) digelar membantu proses kegiatan tersebut. Sehingga bisa dipantau oleh para pemangku kepentingan yang tidak dapat hadir di lokasi kegiatan ini.

(Candra/Pusdalops DIY/Mas’ud R)


FAST RESPONSE



    Pusdalops BPBD DIY

    Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo,

    YOGYAKARTA, 55166

    Phone: (0274) 555584, 555585

    Fax: (0274) 555326

    Frek : 170.300Mhz duplex -500 tone: 88,5

    whatsapp : (0274) 555584

    email: pusdalopsdiy@gmail.com


ADMINISTRASI PERKANTORAN


    BPBD DIY

    Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo YOGYAKARTA, 55166

    Telp. (0274)555836

    Fax. (0274)554206

    email: BPBD@jogjaprov.go.id

JADWAL KEGIATAN


PELATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA


GEMPA TERKINI



STATUS GUNUNG MERAPI


PRAKIRAAN CUACA


Kota Yogyakarta
Kabupaten Sleman
Kabupaten Gunungkidul
Kabupaten Bantul
Kabupaten Kulonprogo


IKUTI KAMI