UJI KETANGKASAN KOMUNITAS RELAWAN, BPBD KOTA YOGYAKARTA ADAKAN LOMBA MENDIRIKAN TENDA OVAL



Yogyakarta-Minggu, 05 November 2017. Pada hari Sabtu & Minggu, 04 & 05 November 2017, warga berseragam orange memenuhi lapangan Balaikota Yogyakarta. Mereka  berasal dari berbagai komunitas relawan se-kota Yogyakarta. Sebanyak 16 komunitas relawan ikut meramaikan lomba pendirian tenda pengungsi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta di lapangan tersebut. Lomba yang diinisiasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta tersebut sengaja dihelat untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dalam mengoperasikan peralatan, salah satunya tenda bagi penampungan pengungsi.

“Ada sekitar 20 komunitas relawan yang ada di kota Yogyakarta. Yang hadir mengikuti lomba ini ada 16 komunitas.” Kata ketua panitia Lomba, Purnomo, di sela-sela perlombaan. Keenam belas komunitas yang hadir di perlombaan tersebut yaitu, RISIB 258, Rescue 920, CODE-X, Warutama, SENKOM, Commandho, Rembug, MDMC, URC, Mataa, SER, TUGU, BMR, RMJ, Paksi Katon, dan Pramuka Peduli.

Beberapa kriteria penilaian seperti ketangkasan, kerapihan, kecepatan serta tekhnik pemasangan menjadi poin penilaian, dalam lomba tersebut. Secara khusus, juri dari BPBD bertugas memantau dan mengumpulkan data kemudian dilakukan penilaian.

“Disamping itu lomba ini juga mungkin bisa memunculkan teknik-teknik baru yang tidak BNPB ajarkan (tentang pemasangan tenda pengungsi) sehingga peningkatan kapasitasnya lebih bagus. Pada saat terjadi bencana mereka (komunitas relawan) bisa lebih cepat dalam pendirian tenda pengungsi. Itu salah satu inti dari tujuan diadakannya perlombaan ini.” Kata Purnomo.

Sebagai perlombaan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia komunitas relawan, BPBD Kota Yogyakarta menetapkan peringkat seleksi cukup ketat karena diikuti tim dari belasan komunitas relawan se-Kota Yogyakarta. “Ada juara satu sampai harapan tiga yang kita ambil. Jadi ada enam juara. Nanti ada piagam dan uang pembinaan sebagai hadiah untuk meningkatkan kemajuan komunitas.” Imbuh Purnomo.

Selain untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia relawan, perlombaan ini juga bertujuan untuk mempererat tali silaturrahmi antar komunitas di Kota Yogyakarta, sehingga bisa membangun sinergi yang lebih baik dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana.

Minggu 05 November 2017 merupakan puncak acara tersebut, di mana 3 komunitas yang menjadi juara diumumkan. Juara pertama oleh Komunitas Mata, juara dua adalah Komunitas BMR, sedangkan juara ketiga yaitu Komunitas SER. Juara harapan 1 yaitu Komunitas Warutama, Juara harapan kedua Komunitas Rescue 920, dan juara harapan ketiga yaitu Komunitas SENKOM. Masing-masing juara mendapatkan piagam dan uang pembinaan.

(Taufik/Pusdalops BPBD DIY/Mas’ud)


FAST RESPONSE



    Pusdalops BPBD DIY

    Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo,

    YOGYAKARTA, 55166

    Phone: (0274) 555584, 555585

    Fax: (0274) 555326

    Frek : 170.300Mhz duplex -500 tone: 88,5

    whatsapp : (0274) 555584

    email: pusdalopsdiy@gmail.com


ADMINISTRASI PERKANTORAN


    BPBD DIY

    Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo YOGYAKARTA, 55166

    Telp. (0274)555836

    Fax. (0274)554206

    email: BPBD@jogjaprov.go.id

JADWAL KEGIATAN


PELATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA


GEMPA TERKINI



STATUS GUNUNG MERAPI


PRAKIRAAN CUACA


Kota Yogyakarta
Kabupaten Sleman
Kabupaten Gunungkidul
Kabupaten Bantul
Kabupaten Kulonprogo


IKUTI KAMI