KUNJUNGAN PEMBELAJARAN KESIAPSIAGAAN BENCANA BPBD MOROWALI SULAWESI TENGAH



Yogyakarta- Kamis, 9 November 2017. Sebanyak 20 personil dari BPBD Morowali Sulawesi tengah melakukan kunjungan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY. Kunjungan ini diterima langsung oleh manajer Pusdalops BPBD DIY Danang Samsurizal, SPV Pusdalops Indra, dan Edi sebagai Komandan Regu TRC. Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk mengenal lebih jauh mengenai peran Pusdalops BPBD DIY dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana, baik dalam keadaan normal maupun saat situasi bencana.

Dalam pemaparan presentasi selama kurang lebih satu jam, personil BPBD Morowali diperkenalkan mengenai peran penting Pusdalops BPBD DIY dalam penanganan bencana dan sebagai pusat informasi kebencanaan di daerah Yogyakarta. Selain itu, dalam pemaparannya Danang Samsurizal juga menjelaskan mengenai bagaimana TRC (Tim Reaksi Cepat) bekerjasama dengan Pusdalops dalam menangani bencana, serta bagaimana koordinasi antar instansi ketika terjadi bencana.

Dalam kunjungan ini para personil BPBD Morowali cukup antusias mengikuti presentasi pengenalan fungsi Pusdalops BPBD DIY. Mereka juga diperlihatkan bagaimana komunitas relawan melakukan simulasi bencana merapi dan penanganan korban bencana saat bencana merapi benar-benar terjadi.

Setelah sesi pemaparan pengenalan fungsi Pusdalops BPBD DIY, personil BPBD Morowali diperkenankan untuk melihat secara langsung bagaimana fungsi-fungsi peralatan kebencanaan di gedung TRC dan ruang-ruang khusus di Pusdalops BPBD DIY.

Dipandu oleh Edi sebagai komandan regu TRC, personil BPBD Morowali diperkenalkan mengenai peralatan khusus untuk menangani bencana yang biasa digunakan oleh personil TRC ketika terjun menangani situasi bencana. Selain itu mereka juga diperkenalkan mengenai bagaimana kegiatan dan koordinasi personil TRC dalam merespon adanya kejadian bencana.

Di ruang Pusdalops BPBD DIY, SPV Pusdalops, Indra memandu personil BPBD Morowali untuk melihat secara langsung ruang-ruang khusus yang ada di Pusdalops BPBD DIY beserta fungsinya, seperti Ruang Krisis yang berfungsi sebagai ruang perencanaan dan penerimaan laporan apabila terjadi bencana dan Ruang Rutin untuk memantau situasi bencana.

Kunjungan ini merupakan rangkaian kegiatan pelatihan Pusdalops dan TRC Kabupaten Morowali Sulteng yang bekerjasama dengan PSBA UGM. Dari kunjungan ini diharapkan agar personil BPBD Morowali bisa menambah wawasan mengenai kesiapsiagaan dan fungsi Pusdalops BPBD DIY dalam penanganan bencana, sehingga bisa menumbuhkan jiwa yang tanggap dan siap menghadapi bencana.

(Taufik/Pusdalops DIY/Indrayanto)


FAST RESPONSE



    Pusdalops BPBD DIY

    Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo,

    YOGYAKARTA, 55166

    Phone: (0274) 555584, 555585

    Fax: (0274) 555326

    Frek : 170.300Mhz duplex -500 tone: 88,5

    whatsapp : (0274) 555584

    email: pusdalopsdiy@gmail.com


ADMINISTRASI PERKANTORAN


    BPBD DIY

    Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo YOGYAKARTA, 55166

    Telp. (0274)555836

    Fax. (0274)554206

    email: BPBD@jogjaprov.go.id

JADWAL KEGIATAN


PELATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA


GEMPA TERKINI



STATUS GUNUNG MERAPI


PRAKIRAAN CUACA


Kota Yogyakarta
Kabupaten Sleman
Kabupaten Gunungkidul
Kabupaten Bantul
Kabupaten Kulonprogo


IKUTI KAMI