PERSIAPAN BPBD DIY MENGHADAPI BENCANA MENDATANG



Bencana memang tidak pernah kita harapkan kedatangannya, meskipun begitu bencana tetap akan datang. Bencana pun tidak mempernah memberitahukan kapan & dimana bencana itu akan datang. Kita hanya bisa mengetahui dengan gejala-gejala yang terjadi di sekitar lingkungan kita.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY sebagai instansi pemerintah dalam menanggulangi bencana sudah mempersiapkan bencana itu datang. Persiapan awal yang dilakukan oleh BPBD DIY adalah melakukan Sosialisasi Sekolah Bencana (SSB) kepada sekolah-sekolah yang berada di DIY & membentuk Desa Tangguh Bencana (DESTANA) sebagai tahal awal dalam mempersiapkan ketika bencana itu datang. Kemudian BPBD DIY selalu berkoordinasi dengan komunitas-komunitas yang berada di DIY untuk menjadi mitra BPBD DIY dalam menangani bencana di masa yang akan datang.

Selain itu BPBD DIY meminta kepada seluruh elemen masyarakat untuk tetap waspada dengan suasana ekstrim yang terjadi pada saat ini. BMKG melalui Pak Sigit Hadi Prakosa selaku Kepala Kelompok Analisa Prakiraan Cuaca juga menghimbau kepada masyarakat dengan kondisi saat ini terutama dengan hujan yang setiap hari datang. Apalagi hujan deras yang datang secara tiba-tiba.

Langkah terakhir, BPBD menghimbau kepada masyarakat jika ada yang mengetahui gejala-gejala bencana ataupun jika bencana datang di lingkungan sekitar supaya menghubungi BPBD setempat atau instansi-instansi terkait untuk ditindaklanjuti oleh yang bersangkutan. Laporan dari masyarakat sangat membantu BPBD DIY dalam menangani atau menanggulangi bencana tersebut.

(Abdul/Pusdalops DIY/Indrayanto)


FAST RESPONSE



    Pusdalops BPBD DIY

    Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo,

    YOGYAKARTA, 55166

    Phone: (0274) 555584, 555585

    Fax: (0274) 555326

    Frek : 170.300Mhz duplex -500 tone: 88,5

    whatsapp : (0274) 555584

    email: pusdalopsdiy@gmail.com


ADMINISTRASI PERKANTORAN


    BPBD DIY

    Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo YOGYAKARTA, 55166

    Telp. (0274)555836

    Fax. (0274)554206

    email: BPBD@jogjaprov.go.id

JADWAL KEGIATAN


PELATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA


GEMPA TERKINI



STATUS GUNUNG MERAPI


PRAKIRAAN CUACA


Kota Yogyakarta
Kabupaten Sleman
Kabupaten Gunungkidul
Kabupaten Bantul
Kabupaten Kulonprogo


IKUTI KAMI