SOSIALISASI DAN EDUKASI KEBENCANAAN DI PERAYAAN SEKATEN



Yogyakarta, 20 November 2017. Setiap tahunnya pasar malam perayaan sekaten selalu ramai dikunjungi masyarakat lokal maupun wisatawan. Tahun ini pun perayaan sekaten begitu ramai dan meriah. Perayaan sekaten yang dimulai sejak 10 November ini akan berlangsung sampai 30 November mendatang. Ratusan stan yang tersedia sudah terisi penuh. Sebagian besar diisi jualan pakaian, selebihnya kuliner, dan berbagai permainan. Pada perayaan sekaten kali ini zonasi stand dibagi menjadi dua, yakni zona perdagangan umum dan pemerintah.

Tak ketinggalan, BPBD DIY pun ikut berpartisipasi memeriahkan pameran di zona instansi pemerintah. Selain stan pameran BPBD DIY, stan zona pemerintah juga diisi oleh stand pameran dari Pemda DIY, Kementerian Agama DIY, Pemerintah Kota Yogyakarta, Stand UMKM 14 Kecamatan se-Kota Yogyakarta, Dekranas Kota Yogyakarta, serta instansi pemerintah lainnya. Keikutsertaan BPBD DIY dalam pameran ini bertujuan untuk edukasi dan sosialisasi tentang kebencanaan kepada masyarakat serta sebagai sarana bagi masyarakat agar bisa mengenal BPBD DIY lebih jauh.

Untuk memenuhi keingintahuan masyarakat tentang kebencanaan, stan BPBD DIY menyediakan buku saku panduan menghadapi bencana, brosur panduan keselamatan menghadapi bencana, brosur pengenalan tentang BPBD DIY dan komunitas relawan, peta-peta zona kerentanan bencana di daerah Yogyakarta, dan beberapa leaflet dan poster kebencanaan diantaranya, bagaimana menghadapai tanah longsor, banjir, erupsi, dan gempa bumi. Selain itu, film edukatif dan menarik tentang kebencanaan juga ditampilkan untuk menarik pengunjung anak-anak agar mereka tertarik dan mudah memahami kebencanaan dan bagaimana menghadapinya.

Melalui pameran ini diharapkan seluruh kalangan masyarakat baik dewasa maupun anak-anak bisa mengenal lebih jauh tentang kebencanaan serta bisa mengetahui fungsi dan peran BPBD DIY dalam menghadapi bencana khususnya yang terjadi di daerah Yogyakarta, sehingga masyarakat memiliki pengetahuan yang cukup dan siap ketika menghadapi bencana.

(Taufik/Niken/Pusdalops DIY/Yuno)

 

 


FAST RESPONSE



    Pusdalops BPBD DIY

    Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo,

    YOGYAKARTA, 55166

    Phone: (0274) 555584, 555585

    Fax: (0274) 555326

    Frek : 170.300Mhz duplex -500 tone: 88,5

    whatsapp : (0274) 555584

    email: pusdalopsdiy@gmail.com


ADMINISTRASI PERKANTORAN


    BPBD DIY

    Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo YOGYAKARTA, 55166

    Telp. (0274)555836

    Fax. (0274)554206

    email: BPBD@jogjaprov.go.id

JADWAL KEGIATAN


PELATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA


GEMPA TERKINI



STATUS GUNUNG MERAPI


PRAKIRAAN CUACA


Kota Yogyakarta
Kabupaten Sleman
Kabupaten Gunungkidul
Kabupaten Bantul
Kabupaten Kulonprogo


IKUTI KAMI