Kunjungan Dosen dan Mahasiswa Oberlin Collage ke PUSDALOPS BPBD DIY



Yogyakarta- Kamis, 18 Januari 2018. Sebanyak 12 orang yang terdiri dari mahasiswa dan dosen Oberlin Collage didampingi oleh Maylany Ika Putri (DKAUI UGM), melakukan kunjungan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, pada hari Selasa, 16 Januari 2018. Kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala Seksi Pencegahan BPBD DIY Bapak Budi Supardi, SPT dan Operator Pusdalops BPBD DIY Centauri Indrapertiwi. Tujuan kunjungan ini merupakan bagian dari upaya Oberlin College and Conservatory untuk memperkuat kurikulum dan pengetahuan yang berhubungan dengan Kajian Lingkungan dan Kajian Asia.

 

Tim Oberlin bermaksud untuk mempelajari dan mendalami lebih jauh tentang bagaimana pemerintah menginterpretasi dan memahami kesiapan menghadapi bencana, serta merespon isu-isu ketahanan lingkungan.  Dalam kunjungan ini, para dosen dan mahasiswa Oberlin College sangat antusias mengikuti presentasi pengenalan fungsi Pusdalops BPBD DIY. Mereka juga diperlihatkan peta kebencanaan seluruh kota dan kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Setelah sesi presentasi, Tim Oberlin College diperkenankan melakukan visit room Pusdalops BPBD DIY. Visit room bertujuan untuk memperlihatkan secara langsung bagaimana pengendalian operasional penanggulangan bencana di gedung Pusdalops BPBD DIY. Tim Oberlin College diperkenalkan mengenai fungsi ruang-ruang khusus di gedung Pusdalops BPBD DIY.

 

Kunjungan ini merupakan rangkaian kegiatan study trip mereka setelah berkunjung ke Aceh dan Bukit Lawang, sejak tanggal 4 Januari 2018. Tema kunjungan mereka ialah “Disaster, Cultures, and Sustainability in Indonesia”. Dari kunjungan ini, diharapkan dapat menambah wawasan mengenai kesiapsiagaan dan fungsi Pusdalops BPBD DIY dalam penanganan bencana, sehingga bisa menumbuhkan jiwa yang tanggap dan siap menghadapi bencana.

 

(Nanda/PUSDALOPS BPBD DIY/Indrayanto)


FAST RESPONSE



    Pusdalops BPBD DIY

    Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo,

    YOGYAKARTA, 55166

    Phone: (0274) 555584, 555585

    Fax: (0274) 555326

    Frek : 170.300Mhz duplex -500 tone: 88,5

    whatsapp : (0274) 555584

    email: pusdalopsdiy@gmail.com


ADMINISTRASI PERKANTORAN


    BPBD DIY

    Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo YOGYAKARTA, 55166

    Telp. (0274)555836

    Fax. (0274)554206

    email: BPBD@jogjaprov.go.id

JADWAL KEGIATAN


PELATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA


GEMPA TERKINI



STATUS GUNUNG MERAPI


PRAKIRAAN CUACA


Kota Yogyakarta
Kabupaten Sleman
Kabupaten Gunungkidul
Kabupaten Bantul
Kabupaten Kulonprogo


IKUTI KAMI