Talkshow EOC Ngayogjakarta JITV Dengan Bintangtamu Anggota PMI, BMKG, SAR dan BPBD DIY.



Yogyakarta-22 Januari 2018. Pada Jumat 19 Januari 2018, BPBD D.I. Yogyakarta kembali melakukan talkshow EOC Ngayogjakarta JITV dengan bintang tamu Bapak Sigit Hadi Prakosa, S.P, M.Si. sebagai Kepala Kelompok Forcaster BMKG Staklim Mlati dan Bapak Danang Samsurizal, S.T. sebagai Kepala Seksi Kedaruratan BPBD DIY dengan tema “Kesiapsiagaan Menghadapi Siklon Tropis”. Serta Bapak Arif Rianto Budi Nugroho, ST., M.Si. sebagai Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana Palang Merah Indonesia dan Bapak Bondan Supriyanto sebagai Koordinator SAR DIY Wilayah Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta dengan tema “Aksi Penanganan Darurat Relawan Dalam Siklon Cempaka”.

 

Dalam sesi pertama, peran BMKG dan BPBD DIY menjadi topik dalam kesiapsiagaan kedua Lembaga tersebut, dalam menghadapi siklon tropis yang terjadi di akhir tahun 2017 yang lalu. BMKG sebagai Lembaga yang memberikan informasi tentang tanda-tanda bencana alam kepada masyarakat, bersinergi dengan BPBD yang memiliki tugas serta fungsi dalam perumusan dan pengkoordinasian dalam penanganan bencana yang ada di daerah. Sehingga penanganan bencana yang terjadi dapat ditangani dengan lebih baik.
 

Aksi darurat yang dilakukan oleh para relawan dalam menghadapi siklon cempaka, menjadi perbincangan hangat selanjutnya. Topik yang diangkat adalah aksi penanggulangan darurat oleh tim relawan PMI dan SAR dilapangan. PMI sebagai Lembaga yang memiliki tugas dalam kesiapsiagaan bantuan dan penanggulangan bencana, beserta SAR yang memiliki tugas pencarian dan pertolongan pada saat terjadi bencana, bahu membahu dalam melakukan penanganan darurat dilapangan, untuk mengevakuasi korban yang timbul saat bencana tersebut terjadi.
 

Sebagai penutup dalam talkshow ini, Bapak Danang Samsurizal, S.T. berpesan kepada masyarakat, agar tetap waspada dengan kemungkinan bencana siklon yang masih bisa terjadi dikemudian hari. Untuk perbincangan selengkapnya, pemirsa bisa menonton talkshow Sarasehan JITV dengan kedua tema ini di channel Youtube PUSDALOPS BPBD DIY.

 

(Kholiq/PUSDALOPS BPBD DIY/Arman)


FAST RESPONSE



    Pusdalops BPBD DIY

    Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo,

    YOGYAKARTA, 55166

    Phone: (0274) 555584, 555585

    Fax: (0274) 555326

    Frek : 170.300Mhz duplex -500 tone: 88,5

    whatsapp : (0274) 555584

    email: pusdalopsdiy@gmail.com


ADMINISTRASI PERKANTORAN


    BPBD DIY

    Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo YOGYAKARTA, 55166

    Telp. (0274)555836

    Fax. (0274)554206

    email: BPBD@jogjaprov.go.id

JADWAL KEGIATAN


PELATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA


GEMPA TERKINI



STATUS GUNUNG MERAPI


PRAKIRAAN CUACA


Kota Yogyakarta
Kabupaten Sleman
Kabupaten Gunungkidul
Kabupaten Bantul
Kabupaten Kulonprogo


IKUTI KAMI