Bimbingan Teknis PPGD Dalam Rangka Pengembangan Satuan Pendidikan Aman Bencana Di DIY



Yogyakarta, 5 September 2018. Bertempat di ruang rapat lantai 2 BPBD DIY tanggal 4-5 September 2018, BPBD DIY kembali menyelenggarakan Bimbingan teknis (Bimtek) tindak lanjut Pembentukan dan Pengembangan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) atau Sekolah Siaga Bencana (SSB) tahun 2018.  Kegiatan ini mengambil tema Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) dengan peserta Kepala SMKN 1 Tanjungsari Gunungkidul, SMKN 1 Purwosari Gunungkidul, SMKN 2 Gedangsari Gunungkidul, SMKN 1 Pundong Bantul, SMAN 1 Srandakan Bantul, SMAN 1 Prambanan Sleman, SMA Muhammadiyah Kalasan Sleman, SMKN 1 Temon Kulon Progo, SMAN 1 Kokap Kulon Progo dan SMAN 1 Samigaluh Kulon Progo.

 

Dalam sambutannya, Bapak Heru Suroso Sekretaris BPBD DIY mengungkapkan bahwa Pelatihan atau Bimtek PPGD ini sangat penting karena dapat meningkatkan kapasitas dalam pertolongan kegawat daruratan. Pengetahuan mengenai pertolongan kegawat daruratan tidak hanya dapat digunakan ketika ada bencana saja tetapi juga ketika ada insiden atau kecelakaan. Diharapkan dengan adanya pengetahuan pertolongan kegawatdaruratan yang benar dapat mencegah dan menghindari cidera yang lebih parah. Seperti kita ketahui Bersama bahwa sekolah merupakan tempat berkumpul anak didik kita dan seluruh stakeholder sering terjadi accident atau kecelakaan apalagi ketika terjadi bencana sehingga pengetahuan tentang PPGD ini harus dipahami.

 

Pada hari pertama pelaksanaan Bimtek, Bapak Danang Samsurizal, Kepala Seksi Kedaruratan, memberikan materi tentang Kebijakan Tanggap Darurat Bencana. Dari pemaparan materi tersebut peserta Bimtek mengetahui manajemen penanganan darurat bencana dan mengetahui prioritas-prioritas dalam keadaan darurat. Selain membahas tentang tata kerja penanggulangan bencana, pengendalian pada penanganan darurat bencana, Emergency Management, P Planning, sistem komando tanggap darurat, beliau juga berbagi pengalaman manajemen bencana gempa bumi di Lombok. Sistem Komando Tanggap Darurat Bencana adalah suatu standar penanganan darurat bencana yang digunakan dengan mengintegrasikan pengerahan fasilitas, peralatan, personil, prosedur dan komunikasi dalam suatu struktur organisasi.

 

Pemateri selanjutnya yaitu Bapak Kudiyana, M.Sc dari Dinas Kesehatan D.I.Yogyakarta menjelaskan tentang Urgensi dan Regulasi Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD). Sebelum menjelaskan mengenai pengertian gawat darurat, pelayanan pra hospital, bentuk layanan pra hospital, pelayanan yang telah tersedia di D.I.Yogyakarta dan alur pelayanan, beliau juga menjelaskan tentang letak geografis Indonesia terutama di D.I.Yogyakarta serta potensi ancaman bencana yang ada. Gawat darurat adalah suatu keadaan yang terjadinya mendadak mengakibatkan seseorang atau banyak orang memerlukan penanganan atau pertolongan segera dalam arti pertolongan secara cermat, tepat dan cepat.

 

Bapak Dwi Suryanto selaku perwakilan PMI Provinsi D.I.Yogyakarta sebagai pemateri terakhir pada hari pertama Bimtek PPGD. Materi yang disampaikan meliputi Penilaian dan Anatomi Dasar serta Bantuan Hidup Dasar dan Kedaruratan Medis. Pertolongan pertama adalah perlakuan sementara yang diberikan pada seseorang yang mengalami kecelakaan atau sakit mendadak sebelum pertolongan definitif oleh dokter dapat diberikan atau dilakukan pencegahan agar tidak terjadi cedera yang lebih parah yang diberikan oleh orang awam bukan dimasukkan dalam tindakan medik.

 

Dihari kedua Bimtek PPGD, para peserta dibagi menjadi 2 grup untuk melakukan praktek langsung PPGD yang di pandu oleh Bapak Lukman Chakim, Annas Syafaat dan Mas’ud Rofiqi. Materi pada hari kedua ini meliputi evakuasi, trauma 1 (luka, pendarahan dan pembalutan), trauma 2 (cidera alat gerak dan pembidaian) dan praktek PPGD.

 

 

(Denish N/MEDIA CENTER BPBD DIY/Danang Samsurizal)


FAST RESPONSE



    Pusdalops BPBD DIY

    Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo,

    YOGYAKARTA, 55166

    Phone: (0274) 555584, 555585

    Fax: (0274) 555326

    Frek : 170.300Mhz duplex -500 tone: 88,5

    whatsapp : (0274) 555584

    email: pusdalopsdiy@gmail.com


ADMINISTRASI PERKANTORAN


    BPBD DIY

    Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo YOGYAKARTA, 55166

    Telp. (0274)555836

    Fax. (0274)554206

    email: BPBD@jogjaprov.go.id

JADWAL KEGIATAN


PELATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA


GEMPA TERKINI



STATUS GUNUNG MERAPI


PRAKIRAAN CUACA


Kota Yogyakarta
Kabupaten Sleman
Kabupaten Gunungkidul
Kabupaten Bantul
Kabupaten Kulonprogo


IKUTI KAMI