GELADI LAPANG PENANGANAN DARURAT BENCANA AKIBAT KEGAGALAN TEKNOLOGI DI WADUK SERMO



Yogyakarta, 28 September 2018. Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang mempunyai risiko tinggi terhadap berbagai ancaman bencana. Menyadari adanya potensi dan risiko bencana tersebut, BPBD DIY setiap tahunnya menyelenggaraan latihan dan geladi. Kegiatan Geladi Lapang Darurat Bencana pada tahun 2018 difokuskan pada penanganan darurat bencana akibat keruntuhan Waduk Sermo dan merupakan salah satu implementasi dari program Penanggulangan Korban Bencana di BPBD DIY. Geladi lapang akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 29 September 2018 pukul 7.30-14.00 WIB di Balai Desa dan Lapangan Kaliagung, Sentolo Kulonprogo.

 

Berdasarkan Rencana Tanggap Darurat (RTD) Waduk Sermo dari Balai Besar Wilayah Serayu Opak (BBWSO) menerangkan bahwa lokasi Waduk Sermo yang berada di Kabupaten Kulonprogo memiliki luas DPS 21,3 Km2. Jika Waduk Sermo mengalami keruntuhan, maka banjir yang terjadi akan berdampak pada penduduk yang bermukim di hilir waduk. Diperkirakan jumlah penduduk terdampak mencapai 168.862 jiwa atau 33.772 KK yang tersebar di Kecamatan Kokap (1 desa), Kecamatan Pengasih (8 desa), Kecamatan Nanggulan (1 desa), Kecamatan Wates (7 desa), Kecamatan Panjatan (11 desa), Kecamatan Lendah (2 desa), Kecamatan Galur (5 desa), Kecamatan Temon (12 desa), dan Kecamatan Sentolo (4 desa). --(Sumber BBWSO - RTD Sermo)

 

Kegiatan geladi ini akan mengangkat tema latihan yaitu meningkatkan kemampuan koordinasi dan komando operasi, kerjasama dan kemitraan dalam tanggap darurat bencana untuk mewujudkan DIY yang tangguh. Geladi Lapang ini akan melibatkan petugas dan pejabat penanggulangan bencana yang bertugas melakukan penanganan darurat bencana Waduk Sermo dari instansi pemerintah Kabupaten Kulonprogo maupun Propinsi DIY. Skenario yang digunakan dalam Geladi Lapang ini yaitu Badai Siklon dengan curah hujan 200-400 mm per hari di Kabupaten Kulonprogo menimbulkan terjadinya peluapan (Overtopping) di Waduk Sermo. Peluapan (Overtopping) memicu keruntuhan Waduk Sermo dan mengakibatkan banjir bandang sehingga berdampak pada penduduk yang bermukim di hilir waduk dengan perkiraan jumlah penduduk terdampak mencapai 168.862 jiwa atau 33.772 KK, yang tersebar di desa – desa dengan rincian di Kecamatan Kokap (1 desa), Kecamatan Pengasih (8 desa), Kecamatan Nanggulan (1 desa), Kecamatan Wates (7 desa), Kecamatan Panjatan (11 desa) , Kecamatan Lendah (2 desa), Kecamatan Galur (5 desa) , Kecamatan Temon (12 desa) dan Kecamatan Sentolo (4 desa). Dengan menggunakan skenario ini diharapkan peserta dari Kabupaten Kulon Progo, Propinsi DIY dan petugas lain semakin siap dan siaga menghadapi bencana serupa yang mungkin terjadi.

 

Dari kegiatan Geladi Lapang ini BPBD DIY berharap adanya output berupa munculnya mekanisme operasi kedaruratan yang efektif, adanya peningkatan kerjasama dan keterpaduan operasional antara sistem komando tanggap darurat dengan sistem/prosedur dari komponen penanggulangan bencana lainnya serta meningkatnya komando kontrol dan koordinasi antar lembaga dalam proses perencanaan operasi penanggulangan darurat bencana.

 

Pada kesempatan ini kami BPBD DIY mengundang para wartawan dan media untuk mengikuti konferensi pers yang akan dilaksanakan setelah upacara pembukaan. Bagi para wartawan yang akan meliput, silahkan datang ke Balai Desa dan Lapangan Kaliagung Sentolo Kulonprogo.

 

Sumber foto : BBWSO

 

(Nanda O/Media Center BPBD DIY/Danang Samsurizal)


FAST RESPONSE



    Pusdalops BPBD DIY

    Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo,

    YOGYAKARTA, 55166

    Phone: (0274) 555584, 555585

    Fax: (0274) 555326

    Frek : 170.300Mhz duplex -500 tone: 88,5

    whatsapp : (0274) 555584

    email: pusdalopsdiy@gmail.com


ADMINISTRASI PERKANTORAN


    BPBD DIY

    Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo YOGYAKARTA, 55166

    Telp. (0274)555836

    Fax. (0274)554206

    email: BPBD@jogjaprov.go.id

JADWAL KEGIATAN


PELATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA


GEMPA TERKINI



STATUS GUNUNG MERAPI


PRAKIRAAN CUACA


Kota Yogyakarta
Kabupaten Sleman
Kabupaten Gunungkidul
Kabupaten Bantul
Kabupaten Kulonprogo


IKUTI KAMI