Lomba DESTANA



Yogyakarta, 3 Desember 2018. Sebagai upaya pengurangan risiko bencana alam di wilayah D.I.Yogyakarta, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY melakukan berbagai macam upaya. Diantaranya adalah Program Lomba Desa Tangguh Bencana (DESTANA) yang bekerja sama dengan Forum PRB. Program yang diselenggarakan dari tanggal 3 - 7 Desember 2018 ini ditujukan untuk empat Kabupaten dan satu Kota di wilayah D.I.Yogyakarta. Lomba DESTANA ini merupakan salah satu program kegiatan Seksi Pencegahan Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD DIY. Pada hari pertama, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul mendapatkan jadwal penilaian pertama dari tim penilai.

 

Tim Penilai dari BPBD DIY yang dipimpin oleh Kepala Seksi Pencegahan, Bapak Budi Supardi datang ke Desa Kemadang pada Senin, 3 Desember 2018, pukul 09.30 WIB beserta para juri yang berasal dari Forum PRB, Lingkar, UPN dan MDMC, yang nantinya akan berbagi tugas dalam melakukan penilaian. Terdapat beberapa aspek yang dinilai dalam perlombaan ini, diantaranya dari segi administrasi, segi lapangan dengan cara menanyakan secara langsung kepada masyarakat secara acak, simulasi penanganan bencana alam dan penilaian sarana dan prasarana (sarpras) berupa jalur evakuasi dan titik kumpul bencana.

 

Dalam sambutannya, Bapak Budi Supardi mengatakan bahwa program lomba DESTANA merupakan awal untuk selanjutnya persiapan yang lebih matang di tahun depan. Selain itu lomba ini sekaligus sebagai bahan evaluasi terhadap desa yang telah terbentuk DESTANA. Lomba Destana tahun ini diikuti oleh Desa Sidomulyo Kabupaten Kulonprogo, Desa Argomulyo Kabupaten Sleman, Desa Srimartani Kabupaten Bantul dan Kelurahan Brontokusuman Kota Yogyakarta.

 

Desa Kemadang sendiri merupakan Desa dengan luas wilayah 1937,49 Ha yang terdiri dari 17 Pedukuhan, 17 RW, 58 RT. Kondisi geografis dari Desa Kemadang merupakan tanah, bukit atau tebing, laut atau pantai yang memiliki resiko meliputi longsor, retakan pasca gempa, gelombang tinggi, banjir genangan dan kekeringan. Sejarah bencana di Desa ini dari tahun 2016 angin kencang yang berlokasi di Desa Kemadang, Tanah longsor di Dusun Ngelo, Banjir Genangan di SMK Negeri 2 Tanjungsari. Curah hujan tinggi pada bulan November hingga Desember, berpeluang banjir genangan.

 

Tujuan dalam perlombaan DESTANA ini tidak hanya mencari kemenangan saja, tetapi untuk melakukan pembinaan kepada masyarakat selain dengan cara sosialisasi dan simulasi. Selain itu dengan adanya DESTANA, dapat melindungi masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bahaya dari dampak-dampak merugikan bencana, meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sumber daya dalam rangka mengurangi risiko bencana, meningkatkan kapasitas kelembagaan masyarakat dalam pengelolaan sumber daya dan pemeliharaan kearifan lokal bagi pengurangan risiko bencana, meningkatkan kapasitas pemerintah dalam memberikan dukungan sumber daya dan teknis bagi pengurangan risiko bencana, meningkatkan kerjasama antara para pemangku kepentingan dalam PRB, pihak pemerintah daerah, sektor swasta, perguruan tinggi, LSM, organisasi masyarakat dan kelompok-kelompok lainnya yang peduli.

 

Pada akhir sesi, Bapak Camat Tanjungsari berharap agar Desa Kemadang tetap aman terhindar dari bencana sekaligus menjadi pemenang dalam lomba DESTANA dan dapat mewakili D.I.Yogyakarta untuk tingkat nasional.

 

(Denish N/MEDIA CENTER BPBD DIY/Danang Samsurizal)


FAST RESPONSE



    Pusdalops BPBD DIY

    Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo,

    YOGYAKARTA, 55166

    Phone: (0274) 555584, 555585

    Fax: (0274) 555326

    Frek : 170.300Mhz duplex -500 tone: 88,5

    whatsapp : (0274) 555584

    email: pusdalopsdiy@gmail.com


ADMINISTRASI PERKANTORAN


    BPBD DIY

    Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo YOGYAKARTA, 55166

    Telp. (0274)555836

    Fax. (0274)554206

    email: BPBD@jogjaprov.go.id

JADWAL KEGIATAN


PELATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA


GEMPA TERKINI



STATUS GUNUNG MERAPI


PRAKIRAAN CUACA


Kota Yogyakarta
Kabupaten Sleman
Kabupaten Gunungkidul
Kabupaten Bantul
Kabupaten Kulonprogo


IKUTI KAMI