Peningkatan Kapasitas Relawan dengan tema Komunikasi Dasar PB



Pada saat terjadi situasi darurat bencana sering di dapatkan penyampaian informasi kebencanaan yang lambat dan tidak akurat sehingga mengurangi efektifitas upaya penanggulangann bencana. Komunikasi adalah salah satu sistem atau sub sistem yang diperlukan untuk mendukung keberhasilan penanggulangan bencana sejak tahap pra, saat dan pasca bencana. Agar sistem komunikasi dapat beroperasi optimal diperlukan dua hal yaitu sarana komunikasi yang memadai serta tenaga operator yang handal.

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Relawan dengan tema Komunikasi Dasar PB ini dibuka langsung oleh Kasi Kedaruratan BPBD DIY dan diikuti oleh komunitas yang ada di DIY

Adapun maksut dan tujuan dari pelatihan yang bertempat di Balpelkes DIY adalah, Meningkatnya kapasitas Pengetahuan dan Ketrampilan Relawan dalam pengoperasional an peralatan komunikasi dasar penanggulangan Bencana yang berkualitas, efektif dan efisien.

Peserta mampu memahami ecara regulasi perizinan spektrum frekuensi radio.Peserta mampu memahami pengenalan alat radio komunikasi dasar penanggulangan bencana (para, saat dan pasca bencana).Peserta mampu mempraktekkan setting perangkat radio komunikasi. Serta Peserta mendemonstrasikan prinsip-prinsip komunikasi darurat penanggulangan bencana (pra,saat dan pasca bencana).

Secara umum metode dan materi pelatihan pada tgl 27 – 30 April 2015 akan mengikuti modul dasar Komunikasi Dasar Penanggulangan Bencana dari BNPB yang disesuaikan dengan kondisi yang ada tentang komunikasi di DIY selama ini. Pelatihan akan dilakukan di dalam dan di luar kelas dengan total 3 bagian.

Bagian Pertama: Perpektif; Peserta akan dibekali dengan materi dasar Komunikasi secara Umum, Regulasi perizinan spektrum frekuensi radio, pengenalan alat radio komunikasi,. Dilanjutkan dengan Pengoperasional peralatan komunikasi radio dalam penanggulangan bencana (pra, saat dan pasca bencan).

Bagian kedua: Peran Relawan Komunikasi; Peserta akan lebih fokus pada pemahaman dan pengetahuan tentang Peran lembaga komunikasi dalam penanggulanagn bencana,

Bagian tiga : ketarmpilan dan simulasi; Peserta pelatihan diberikan waktu untuk melakukan penyetingan peralatan komunikasi, Table Top komunikasi Darurat PB, dan diakhiri dengan melakukan simulasi pendirian komunikasi Darurat Penanggulangan Bencana. (mc)


FAST RESPONSE



    Pusdalops BPBD DIY

    Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo,

    YOGYAKARTA, 55166

    Phone: (0274) 555584, 555585

    Fax: (0274) 555326

    Frek : 170.300Mhz duplex -500 tone: 88,5

    whatsapp : (0274) 555584

    email: pusdalopsdiy@gmail.com


ADMINISTRASI PERKANTORAN


    BPBD DIY

    Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo YOGYAKARTA, 55166

    Telp. (0274)555836

    Fax. (0274)554206

    email: BPBD@jogjaprov.go.id

JADWAL KEGIATAN


PELATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA


GEMPA TERKINI



STATUS GUNUNG MERAPI


PRAKIRAAN CUACA


Kota Yogyakarta
Kabupaten Sleman
Kabupaten Gunungkidul
Kabupaten Bantul
Kabupaten Kulonprogo


IKUTI KAMI