Visi, Misi dan Motto BPBD D.I.Yogyakarta


Visi dan Misi BPBD D.I.Yogyakarta

Visi Misi Perangkat Daerah dibuat untuk secara langsung maupun tidak langsung mendukung atau mewujudkan visi misi Kepala Daerah. Visi BPBD DIY 2017-2022 sama dengan Visi Gubernur sebagaimana dipaparkan oleh Gubernur DIY pada tanggal 2 Agustus 2017 di depan Sidang Paripurna Istimewa DPRD DIY, yakni “Menyongsong Abad Samudera Hindia Untuk Kemuliaan Martabat Manusia Jogja

Kemuliaan martabat manusia Jogja dalam Visi tersebut menyandang Misi "Lima Kemuliaan" atau "Panca Mulia", yakni: Pertama, terwujudnya peningkatan kualitas hidup - kehidupan - penghidupan masyarakat yang berkeadilan dan berkeadaban, melalui peningkatan kemampuan dan peningkatan ketrampilan sumber daya manusia Jogja yang berdaya saing. Kedua, terwujudnya peningkatan kualitas dan keragaman kegiatan perekonomian masyarakat, serta penguatan ekonomi yang berbasis pada sumber daya lokal, untuk pertumbuhan pendapatan masyarakat sekaligus pemerataan ekonomi yang berkeadilan. Ketiga, terwujudnya peningkatan harmoni kehidupan bersama, baik pada lingkup masyarakat maupun pada lingkup birokrasi atas dasar toleransi, tenggang rasa, kesantunan, dan kebersamaan. Keempat, terwujudnya tata dan perilaku penyelenggaraan pemerintahan yang demokratis. Kelima, terwujudnya perilaku bermartabat dari para aparatur sipil penyelenggara pemerintahan atas dasar tegaknya nilai-nilai integritas yang menjunjung tinggi kejujuran, nurani rasa malu, nurani rasa bersalah dan berdosa apabila melakukan penyimpangan dalam bentuk korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Panca Mulia dari Visi Gubernur DIY tersebut diringkas dalam rumusan misi-misi pembangunan DIY tahun 2017–2022, seperti tercantum dalam RPJMD DIY, sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kualitas Hidup, Kehidupan Dan Penghidupan Masyarakat Yang Berkeadilan dan Berkeadaban Rumusan misi ini meringkas Panca Mulia 1,2 dan 3.

2. Mewujudkan Tata Pemerintahan yang Demokratis Rumusan misi ini meringkas Panca Mulia 4, dan 5.

Berdasar tugas pokok dan fungsi yang diemban oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah DIY tentu saja BPBD DIY mempunyai peran yang cukup penting dalam mendorong tercapainya visi dan misi daerah, terutama Panca Mulia yang Pertama, seperti disampaikan pada pidato pelantikan Gubernur DIY, upaya prioritas untuk meningkatkan harkat dan martabat “kehidupan”, dilakukan melalui penyelenggaraan urusan-urusan: (1) Ketentraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat; dan (2) Sosial. Perlindungan masyarakat mempunyai pengertian melindungi seluruh lapisan masyarakat dari berbagai ancaman termasuk bencana alam dan non-alam.

 

Motto BPBD D.I.Yogyakarta

Pelayanan komprehensif BPBD D.I.Yogyakarta berikut partisipasi tiga pilar penanggulangan bencana (Masyarakat, Pemerintah dan Dunia Usaha) dengan SALAM TANGGUH SIAGA SELAMAT.

FAST RESPONSE



    Pusdalops BPBD DIY

    Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo,

    YOGYAKARTA, 55166

    Phone: (0274) 555584, 555585

    Fax: (0274) 555326

    Frek : 170.300Mhz duplex -500 tone: 88,5

    whatsapp : (0274) 555584

    email: pusdalopsdiy@gmail.com


ADMINISTRASI PERKANTORAN


    BPBD DIY

    Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo YOGYAKARTA, 55166

    Telp. (0274)555836

    Fax. (0274)554206

    email: BPBD@jogjaprov.go.id

JADWAL KEGIATAN


PELATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA


GEMPA TERKINI



STATUS GUNUNG MERAPI


PRAKIRAAN CUACA


Kota Yogyakarta
Kabupaten Sleman
Kabupaten Gunungkidul
Kabupaten Bantul
Kabupaten Kulonprogo


IKUTI KAMI