BPBD DIY
  • Beranda
  • Profil
    • Visi dan Misi
    • Sejarah BPBD DIY
    • Gambaran Umum
      • Gambaran Umum Layanan
      • Tujuan, Sasaran dan Strategi
      • Kebijakan
    • Struktur Organisasi
    • Tugas Pokok dan Fungsi
      • Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan, Rehabilitasi dan Rekonstruksi
      • Bidang Penanganan Darurat
      • Bidang Logistik dan Peralatan
      • Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan
      • Pusat Pengendalian Operasi
      • Tim Reaksi Cepat
    • Agenda Kerja Pimpinan
    • Sumber Daya Manusia
    • Data Pegawai
    • Data Tenaga Outsourcing
  • Peraturan
    • Undang-Undang
    • Peraturan Pemerintah
    • Peraturan Presiden
    • Peraturan Menteri
    • Peraturan Kepala BNPB
    • PERDA dan PERGUB
  • Galeri
    • Photo
    • Video
  • Lapor
    • Lapor Bencana
    • E Lapor D.I.Yogyakarta
  • INFORMASI
    • Pengetahuan Bencana
      • Tanah Longsor
      • Gunung Api
      • Angin Kencang
      • Kekeringan
      • Banjir
      • Kebakaran
      • Gempa Bumi
      • Tsunami
    • Tips Bencana
      • Tips Bencana Letusan Gunung Api
      • Tips Bencana Angin Ribut
      • Tips Bencana Gempa Bumi
      • Tips Bencana Tanah Longsor
      • Tips Bencana Tsunami
      • Tips Bencana Banjir
      • Tips Bencana Kekeringan
    • Kegiatan
      • Anggaran Program/Kegiatan 2024
      • Jadwal Kegiatan
    • Tata Cara Memperoleh Informasi Publik
    • Alur Pengajuan Keberatan
    • Tata Cara Pengaduan Penyalahgunaan Wewenang
    • Daftar Informasi Publik
    • Kebijakan Privasi
    • Informasi Lainnya
  • UNDUHAN
  • KONTAK
    • Kontak Penting
    • Hubungi Kami
    • Kalender Penting
    • Survei Kepuasan Masyarakat
BPBD DIY
  • Beranda
  • Profil
    • Visi dan Misi
    • Sejarah BPBD DIY
    • Gambaran Umum
      • Gambaran Umum Layanan
      • Tujuan, Sasaran dan Strategi
      • Kebijakan
    • Struktur Organisasi
    • Tugas Pokok dan Fungsi
      • Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan, Rehabilitasi dan Rekonstruksi
      • Bidang Penanganan Darurat
      • Bidang Logistik dan Peralatan
      • Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan
      • Pusat Pengendalian Operasi
      • Tim Reaksi Cepat
    • Agenda Kerja Pimpinan
    • Sumber Daya Manusia
    • Data Pegawai
    • Data Tenaga Outsourcing
  • Peraturan
    • Undang-Undang
    • Peraturan Pemerintah
    • Peraturan Presiden
    • Peraturan Menteri
    • Peraturan Kepala BNPB
    • PERDA dan PERGUB
  • Galeri
    • Photo
    • Video
  • Lapor
    • Lapor Bencana
    • E Lapor D.I.Yogyakarta
  • INFORMASI
    • Pengetahuan Bencana
      • Tanah Longsor
      • Gunung Api
      • Angin Kencang
      • Kekeringan
      • Banjir
      • Kebakaran
      • Gempa Bumi
      • Tsunami
    • Tips Bencana
      • Tips Bencana Letusan Gunung Api
      • Tips Bencana Angin Ribut
      • Tips Bencana Gempa Bumi
      • Tips Bencana Tanah Longsor
      • Tips Bencana Tsunami
      • Tips Bencana Banjir
      • Tips Bencana Kekeringan
    • Kegiatan
      • Anggaran Program/Kegiatan 2024
      • Jadwal Kegiatan
    • Tata Cara Memperoleh Informasi Publik
    • Alur Pengajuan Keberatan
    • Tata Cara Pengaduan Penyalahgunaan Wewenang
    • Daftar Informasi Publik
    • Kebijakan Privasi
    • Informasi Lainnya
  • UNDUHAN
  • KONTAK
    • Kontak Penting
    • Hubungi Kami
    • Kalender Penting
    • Survei Kepuasan Masyarakat

Form Pencarian

Humanitarian Logistics Dalam Penanggulangan Bencana

  • 09, December 2022
  • Komentar

Memasuki puncak musim penghujan sebagian wilayah DIY mengalami bencana alam hujan lebat dengan angin kencang, petir, banjir, tanah longsor dan lain-lain. Pengelolaan bencana dilakukan pada berbagai kondisi sesuai dengan fase penanggulangan bencana, mulai dari kesiapsiagaan, tanggap darurat, rehabilitasi, dan pembangunan. Logistik berperan penting dalam setiap fase penanggulangan bencana. Logistik yang menangani bantuan kemanusiaan ini sering disebut dengan logistik bantuan kemanusiaan (humanitarian logistics).

Sasaran dari logistik bantuan kemanusiaan adalah pendistribusian bantuan dan peralatan ke penerima di lokasi bencana secara tepat waktu, tepat jenis dan sesuai kuantitas dan kualitasnya, biaya yang efisien dan dapat diper-tanggungjawabkan. Umumnya bantuan kemanusiaan yang diperlukan terdiri dari makanan, pakaian, perlengkapan mandi dan memasak, serta obat-obatan. Persoalan logistik bantuan kemanusiaan kerap dihadapi ketika penang-gulangan bencana, seperti bantuan yang menumpuk di pos komando penanggulangan bencana, bandara, pelabuhan, dan gudang darurat. Persoalan lain misalnya bantuan yang rusak, kadaluarsa, atau bahkan bantuan yang sebenarnya tidak diperlukan penduduk terdampak bencana.

Kesiapan logistik dan peralatan dalam menyediakan dukungan dibutuhkan untuk menentukan keberhasilan petugas dalam melakukan respon bencana. Disisi lain bagaimana mengelola logistik sebagai bagian dari bantuan kemanusiaan dalam memenuhi hak masyarakat dan pengungsi sesuai dengan standar pelayanan minimum merupakan salah satu wujud tanggung jawab pemerintah dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. Begitupun juga dengan optimalisasi kinerja logistik bantuan kemanusiaan mensyaratkan bahwa semua hubungan antar pihak atau pelaku yang telibat dalam penanggulangan bencana dikelola melalui pendekatan terpadu.

Dalam perspektif supply chain, rantai pasok bantuan kemanusiaan melibatkan banyak pihak mulai dari perencanaan dan penilaian kebutuhan bantuan kemanusiaan, pengadaan (procurement), pergudangan dan persediaan, transportasi, manajemen kendaraan, rantai pendingin (cold chain), customs, distribusi, evaluasi dan monitoring (Rushton et al, 2014).

Perencanaan dan penilaian kebutuhan (demand planning) bantuan kemanusiaan dan peralatan dilakukan untuk menentukan data meliputi: jenis, spesifikasi, jumlah, lokasi, kapan, dan tingkat urgensi. Persediaan penyangga (buffer stock) harus disediakan, mengingat persediaan diperlukan sebagai langkah antisipasi pada kondisi tanggap darurat yang tidak dapat diprediksi.

 

Oleh: Susana Prisila Riandani (Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta)

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Lainnya


Implementasi Aksi Merespon Peringatan Dini (AMPD) ...
  • Jun, 25 2025

Sinergitas Stakeholder dalam Penanganan Darurat Be...
  • Jun, 20 2025

12 Titik Banjir Melanda Kabupaten Sleman
  • May, 17 2025

FGD Standarisasi Pemicu dan Ambang Batas untuk Aks...
  • May, 14 2025

Satu Korban Meninggal Dunia Akibat Pohon Tumbang d...
  • May, 06 2025

Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tahun ...
  • Apr, 30 2025

Pusdalops BPBD DIY Kunjungi BPBD Gunungkidul Lakuk...
  • Apr, 21 2025

TRC BPBD DIY Gelar Rapat Koordinasi Teknis untuk P...
  • Apr, 16 2025

Kejadian Cuaca Ekstrem di Wilayah DIY pada 10 Apri...
  • Apr, 11 2025

Kejadian Cuaca Ekstrim 28 Maret 2025 Sebabkan Banj...
  • Mar, 29 2025

Fast Response (24 jam)

Pusdalops BPBD DIY
Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo, Yogyakarta, 55166
Phone: (0274) 555585
whatsapp : (0274) 555584
Fax: (0274) 555326
Frek output: 170,300 MHz, Input: 165,300 MHz
duplex -5 MHz tone: 91,5 Hz
email: pusdalopsdiy@gmail.com

Administrasi Perkantoran

BPBD DIY
Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo YOGYAKARTA, 55166
Telp. (0274)555836
Fax. (0274)554206
email: BPBD@jogjaprov.go.id

Sosial Media

Copyright © 2021 BPBD Daerah Istimewa Yogyakarta