BPBD DIY
  • Beranda
  • Profil
    • Visi dan Misi
    • Sejarah BPBD DIY
    • Gambaran Umum
      • Gambaran Umum Layanan
      • Tujuan, Sasaran dan Strategi
      • Kebijakan
    • Struktur Organisasi
    • Tugas Pokok dan Fungsi
      • Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan
      • Bidang Penanganan Darurat, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan
      • Bidang Logistik dan Peralatan
      • Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi
    • Agenda Kerja Pimpinan
    • Sumber Daya Manusia
    • PUSDALOPS-PB
    • Tim Reaksi Cepat
    • Data Pegawai
    • Data Tenaga Outsourcing
  • Peraturan
    • Undang-Undang
    • Peraturan Pemerintah
    • Peraturan Presiden
    • Peraturan Menteri
    • Peraturan Kepala BNPB
    • PERDA dan PERGUB
  • Galeri
    • Photo
    • Video
  • Lapor
    • Lapor Bencana
    • E Lapor D.I.Yogyakarta
  • INFORMASI
    • Pengetahuan Bencana
      • Tanah Longsor
      • Gunung Api
      • Angin Kencang
      • Kekeringan
      • Banjir
      • Kebakaran
      • Gempa Bumi
      • Tsunami
    • Tips Bencana
      • Tips Bencana Letusan Gunung Api
      • Tips Bencana Angin Ribut
      • Tips Bencana Gempa Bumi
      • Tips Bencana Tanah Longsor
      • Tips Bencana Tsunami
      • Tips Bencana Banjir
      • Tips Bencana Kekeringan
    • Kegiatan
      • Anggaran Program/Kegiatan 2024
      • Jadwal Kegiatan
    • Tata Cara Memperoleh Informasi Publik
    • Alur Pengajuan Keberatan
    • Tata Cara Pengaduan Penyalahgunaan Wewenang
    • Daftar Informasi Publik
    • Kebijakan Privasi
    • Informasi Lainnya
  • UNDUHAN
  • KONTAK
    • Kontak Penting
    • Hubungi Kami
    • Kalender Penting
    • Survei Kepuasan Masyarakat
BPBD DIY
  • Beranda
  • Profil
    • Visi dan Misi
    • Sejarah BPBD DIY
    • Gambaran Umum
      • Gambaran Umum Layanan
      • Tujuan, Sasaran dan Strategi
      • Kebijakan
    • Struktur Organisasi
    • Tugas Pokok dan Fungsi
      • Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan
      • Bidang Penanganan Darurat, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan
      • Bidang Logistik dan Peralatan
      • Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi
    • Agenda Kerja Pimpinan
    • Sumber Daya Manusia
    • PUSDALOPS-PB
    • Tim Reaksi Cepat
    • Data Pegawai
    • Data Tenaga Outsourcing
  • Peraturan
    • Undang-Undang
    • Peraturan Pemerintah
    • Peraturan Presiden
    • Peraturan Menteri
    • Peraturan Kepala BNPB
    • PERDA dan PERGUB
  • Galeri
    • Photo
    • Video
  • Lapor
    • Lapor Bencana
    • E Lapor D.I.Yogyakarta
  • INFORMASI
    • Pengetahuan Bencana
      • Tanah Longsor
      • Gunung Api
      • Angin Kencang
      • Kekeringan
      • Banjir
      • Kebakaran
      • Gempa Bumi
      • Tsunami
    • Tips Bencana
      • Tips Bencana Letusan Gunung Api
      • Tips Bencana Angin Ribut
      • Tips Bencana Gempa Bumi
      • Tips Bencana Tanah Longsor
      • Tips Bencana Tsunami
      • Tips Bencana Banjir
      • Tips Bencana Kekeringan
    • Kegiatan
      • Anggaran Program/Kegiatan 2024
      • Jadwal Kegiatan
    • Tata Cara Memperoleh Informasi Publik
    • Alur Pengajuan Keberatan
    • Tata Cara Pengaduan Penyalahgunaan Wewenang
    • Daftar Informasi Publik
    • Kebijakan Privasi
    • Informasi Lainnya
  • UNDUHAN
  • KONTAK
    • Kontak Penting
    • Hubungi Kami
    • Kalender Penting
    • Survei Kepuasan Masyarakat

Form Pencarian

Aplikasi Pamor sebagai Media Pelaporan yang Efektif dan Efisien

  • 15, June 2021
  • Komentar

Yogyakarta, 15 Juni 2021. Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) merupakan komponen yang sangat penting di BPBD, baik itu saat bencana maupun dalam kondisi normal. Peran aktif pusdalops PB menjadi tumpuan bagi BPBD untuk melakukan tindakan dan kegiatan saat pra bencana, bencana dan pasca bencana. Data dan laporan bencana merupakan salah satu hal terpenting dalam kegiatan yang dikelola oleh pusdalops. Laporan bencana yang diterima secara efektif dan efisien adalah hal yang sangat diharapkan selama ini.

Oleh karena itu Pusdalops PB DIY mengembangkan aplikasi pelaporan kejadian bencana sejak beberapa tahun ini. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang digunakan untuk menghimpun laporan dari petugas atau jaringan komunitas relawan yang ada di sekitar kejadian. Nama dari aplikasi ini adalah “Pamor”. Pengenalan dan pengembangan dilakukan secara berkesinambungan dalam tataran petugas, relawan maupun masyarakat. Pusdalops PB selalu malakukan inovasi seiring dengan perkembangan zaman.

Maka dari itu perlu dilakukan pengenalan, pendalaman materi dan penguatan kapasitas bagi anggotanya pada rakornis ketiga di tahun 2021. Rakornis ketiga ini menghadirkan peserta dari Pusdalops se-DIY. Narasumber dari BPBD DIY, BPBD Kabupaten Bantul, dan JMC IT Consultant. Menjelaskan mengenai Pelaporan data kebencanaan, Aplikasi Pamor, dan Data Kejadian dan Bencana.

Acara dibuka oleh Kepala Pelaksana BPBD DIY, Drs. Biwara Yuswantana, M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa dalam rangka peningkatan kinerja dan evaluasi kinerja setiap OPD di samping indikator-indikator yang konvensional, ada dua yang dinilai adalah inovasi dan jejaring kinerja.  Bagaimana kerjasama lintas sektor dibangun untuk mengefektifkan pencapaian berbagai target yang sudah ditetapkan. Dari kemitraan-kemitraan, lintas sektoral, dan lembaga.Upaya inovasi untuk meningkatkan pelayanan publik, salah satu upaya yang dilakukan adalah pengembangan aplikasi pamor, sebagai media pelaporan dalam rangka penanganan bencana. Karena sebagai alat pelaporan, yang pertama aplikasinya harus berkualitas, dari sistem dan formatnya, mudah dipahami dan digunakan, serta diaplikasikan. Tetapi pihak yang dilapori dan melapor harus ada pemahaman dan komitmen.

Supaya banyak pihak menggunakan alat ini perlu dilakukan upaya sosialisasi dan edukasi, supaya masyarakat tahu bahwa ini ada aplikasi ini. Mulai dari lingkup kecil perlu disatukan pemahaman dahulu. Pada fase selanjutnya bisa dipahami masyarakat. Melalui rakornis ini rekomendasi lebih lanjut agar pamor ini lebih implementatif menjadi alat yang efektif dan efisien dalam rangka mengelola pelaporan dan penanganan berbagai peristiwa kebencanaan yang terjadi di DIY. Data-data kebencanaan betul-betul real sesuai yang terjadi di daerah.

Diharapkan dari kegiatan ini adanya satu pemahaman tentang aplikasi “Pamor” di seluruh DIY, sehingga pelaporan kejadian dan bencana menjadi akuntabel, efektif dan efisien.

 

Media Center BPBD DIY

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berita Lainnya


FGD Standarisasi Pemicu dan Ambang Batas untuk Aks...
  • May, 14 2025

Pusdalops BPBD DIY Kunjungi BPBD Gunungkidul Lakuk...
  • Apr, 21 2025

TRC BPBD DIY Gelar Rapat Koordinasi Teknis untuk P...
  • Apr, 16 2025

Kejadian Cuaca Ekstrem di Wilayah DIY pada 10 Apri...
  • Apr, 11 2025

Kejadian Cuaca Ekstrim 28 Maret 2025 Sebabkan Banj...
  • Mar, 29 2025

Pastikan Rumah Aman Sebelum Ditinggalkan
  • Mar, 25 2025

Kunker Spesifik Komisi VIII DPR-RI : Jadikan DIY S...
  • Mar, 24 2025

Laporan Situasi Kejadian Cuaca Ekstrim di DIY Pada...
  • Mar, 19 2025

Fenomena Hujan Es dan Dampak Hujan Deras Disertai ...
  • Mar, 12 2025

27 Rumah Rusak Akibat Pohon Tumbang di Kabupaten B...
  • Feb, 24 2025

Fast Response (24 jam)

Pusdalops BPBD DIY
Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo, Yogyakarta, 55166
Phone: (0274) 555585
whatsapp : (0274) 555584
Fax: (0274) 555326
Frek output: 170,300 MHz, Input: 165,300 MHz
duplex -5 MHz tone: 91,5 Hz
email: pusdalopsdiy@gmail.com

Administrasi Perkantoran

BPBD DIY
Jalan Kenari No. 14A, Semaki, Umbulharjo YOGYAKARTA, 55166
Telp. (0274)555836
Fax. (0274)554206
email: BPBD@jogjaprov.go.id

Sosial Media

Copyright © 2021 BPBD Daerah Istimewa Yogyakarta