Yogyakarta, 29 April 2019. Logistik merupakan hal penting dalam penanggulangan bencana. Logistik dalam penanggulangan bencana mencakup hal yang luas dari mulai penyelenggaraan, penyimpanan, transportasi, pendistribusian hingga penerimaan. membutuhkan manajerial yang baik serta efisien dalam pelaksanaanya.
Dalam hal penanggulangan bencana, logistik tidak hanya sebagai pemenuhan kebutuhan dasar bagi penyintas, namun juga terkait penyelenggaranya. logistik dapat berupa barang, energi, hingga jasa yang masing-masing saling terkait dan erat dalam pelaksanaan penanggulangan bencana. Suksesnya pengelolaan logistik menjadi salah satu indikator keberhasilan pelaksanaan tanggap darurat maupun penanggulangan bencana.
Dalam pelaksanaannya, pelaku penanggulangan bencana terdiri dari pemerintah, masyarakat dan dunia usaha. dalam hal ini lembaga sosial kemasyarakatan juga memegang peran pelaksanaan penanggulangan bencana khususnya dalam urusan logostik. sehingga perlu adanya sinergitas antara pemerintah, lembaga sosial maupun kemasyarakatan. Sehingga diharapkan akan terselenggaranya penanggulangan bencana yang efektif dan efisien, ungkap kepala pelaksana BPBD DIY dalam sambutan pembukaan pelatihan manajemen logistik hari ini, senin 29 April
Kegiatan Pelatihan manajemen logistik berlangsung 2 hari. Diikuti oleh lembaga pemerintah dan lembaga sosial kemasyarakatan pelaku penanggulangan bencana, khusunya penyelenggaraan logistik kebencanaan. Lembaga sosial tersebut diantaranya PMI, MDMC, ACT, MDMC, PKPU, LPBI-NU, Krina Kars, ASB, Baznaz, Aksara. sedangkan dari lembaga Pemerintah terdiri dari BPBD Kab/Kota, Bapeda, Biro Organisasi, PU dan Bea Cukai.
Diharapkan dari pelatihan tersebut, peserta dapat memahami operasi pemenuhan logistik dalam penanggulangan bencana. terbentuknya logistic resource-pool di DIY juga merupakan harapan yang ingin dicapai untuk mensinergikan data asesmen, penyelenggaraan logistik, dan penerima manfaatnya.
(Annas Syafa’at/MEDIA CENTER BPBD DIY)
0 Komentar